download materi wag dirosah islamiyah

🌐 WAG Dirosah Islamiyah

Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad

▪🗓 SELASA
 | 10 Jumādā Al-Akhir 1441 H
 | 04 Februari 2020 M

🎙 Oleh: Ustadz DR. Abdullah Roy M.A. حفظه الله تعالى
📗 Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah

🔈 Audio 02:
📖  Muqaddimah-Keutamaan Belajar Tauhid Bag 01 (DOWNLOAD)

~•~•~•~•~

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه ومن والاه

Anggota Grup whatsapp Dirosah Islamiyah yang semoga dimuliakan oleh Allah.

Mempelajari aqidah ini adalah perkara yang sangat penting dan hukum mempelajarinya adalah wajib. Dan akan kita sebutkan sebagian saja yang berkaitan dengan keutamaan yang mempelajari aqidah.

Di antaranya bahwasanya aqidah ini apabila dipelajari dengan benar berdasarkan Al-Quran dan hadits dengan pemahaman yang benar yaitu pemahaman para salaf, maka ini bisa menjadi pendorong bagi seseorang untuk melakukan ketaatan kepada Allah.

Apabila aqidahnya adalah aqidah yang kuat, keimanannya adalah keimanan yang benar, keimanan yang kuat maka ini akan berpengaruh terhadap ketaatan dia kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Ia akan semakin semangat dan ikhlas di dalam menjalankan perintah Allah dan juga RasulNya dan dia akan menjadi orang yang sangat takut kepada Allah untuk berbuat maksiat.

Sekecil apapun kemaksiatan, baik dilihat oleh manusia maupun tidak dilihat manusia. Ini bisa muncul apabila seseorang tertanam di dalam hatinya aqidah yang benar. Makanya orang yang belajar aqidah dengan baik diharapkan ini akan terlihat pada ketaatan dia kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Demikian pula diantara pentingnya mempelajari aqidah, bahwasannya orang yang memiliki aqidah yang benar dijanjikan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan keamanan di akhirat dan juga dijanjikan dengan hidayah.

Allah Subhanahu wa Ta'ala mengatakan,

الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَٰئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ

"Orang-orang yang beriman dan dia tidak mencampuri keimanannya dengan kezhaliman maka merekalah orang-orang yang mendapatkan keamanan dan merekalah orang-orang mendapatkan petunjuk." [QS Al-An’am: 82]

Orang-orang yang beriman, beriman dengan Allah, beriman kepada Rasul, beriman kepada malaikat, beriman kepada hari akhir, beriman kepada takdir. Artinya ini adalah pokok dari aqidah islamiyah itu sendiri. Aqidah ahlus sunnah, di situ sumbernya. Dan dia tidak mencampuri keimanannya dengan kezhaliman.

Tidak mencampuri imannya kepada Allah dengan kesyirikan. Tidak mencampuri keimanan tersebut dengan pendustaan atau keraguan, maka merekalah orang-orang yang mendapatkan keamanan.

Di saat manusia di hari kiamat dalam keadaan mereka takut, maka Allah Subhanahu wa Ta'ala akan memberikan kepada orang orang yang memiliki aqidah yang shahihah, aqidah yang benar, yang ia tidak mencampuri aqidah tersebut dengan kotoran. Maka Allah Subhanahu wa Ta'ala akan memberikan kepada mereka ketenangan, keamanan pada hari tersebut.

وَهُمْ مُهْتَدُونَ

"Dan merekalah orang-orang yang mendapatkan  petunjuk.”

Di dunia ini ia termasuk orang yang diberikan petunjuk oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, dikeluarkan dari tempat yang gelap, kegelapan kesyirikan, kegelapan kebid'ahan, kegelapan kemaksiatan, kegelapan kejahilan dan sesuatu musibah seseorang berada di tempat yang gelap. Tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tidak tahu mana yang benar mana yang salah.

Tapi ketika ada cahaya dikeluarkan oleh Allah dari tempat yang gelap tersebut ke tempat yang terang benderang di situ jelas baginya mana yang benar, mana yang tidak benar. Dan ini adalah sebuah kenikmatan yang besar dan ini hanya di dapatkan bagi orang-orang yang memiliki aqidah yang shohih. Dan barangsiapa diantara kita yang ingin mendapatkan hidayah maka belajarlah aqidah.

Demikian yang bisa kita sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini dan insya Allah kita bertemu kembali pada pertemuan selanjutnya pada waktu dan keadaan yang lebih baik.

وَالسَّلاَمُ عليكم وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

~•~•~•~•~
📦  Kami membuka kesempatan kepada seluruh anggota grup Dirosah Islamiyah yang ingin berkontribusi dan berdonasi untuk operasional dan pelaksanaan program kegiatan Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad.

🏦 a/n Yayasan Pilar Media Komunikasi:
🏧 Mandiri 006 000 183 183 7

📲 Konfirmasi Donasi: 0838-0600-0003 / http://bit.ly/SunduqDewanFatwa